Sabtu, 13 Juni 2020

COUNTERCURRENT HEAT EXCHANGE PADA ANGSA KANADA DAN LUMBA LUMBA HIDUNG BOTOL

           Angsa Kanada dan Lumba Lumba hidung botol adalah hewan yang hidup di habitat dingin, lalu bagaimana mereka beradaftasi?

        Countercurrent heat exchange (pertukaran panas lawan arus), merupakan bentuk adaftasi yang dimiliki oleh angsa Kanada, lumba-lumba hidung botol dan beberapa hewan laut yang memiliki habitat di daerah yang dingin. Pertukaran panas lawan arus terjadi pada organ-organ tertentu pada hewan tersebut, dimana organ tersebut memungkinkan hewan tersebut kehilangan panas dari tubuh ke lingkungan sekitar. Misalnya saja kaki pada angsa Kanada, dan sirip pada lumba lumba hidung botol.

            Kaki pada sirip merupakan organ tubuh pada hewan, yang memungkinkan terjadinya pertukaran panas dari dalam darah hewan ke lingkunga sekitar dalam jumlah yang besar. Apalagi jika hewan terebut memilki habitat di tempat yang dingin. Keberdaan organ tersebut (kaki dan sirip) yang hanya terbungkus oleh kulit yang tipis, memaksimalkan kehilangan panas yang dialami angsa Kanada dan lumba lumba hidung botol. Pada organ tersebut, panas tubuh pada darah yang ada dalam pembuluh arteri dengan mudah bisa hilang ke lingkungan. Untuk mengatas hal tersebut, hewan hewan tersebut beradaftasi dengan melakukan countercurrent heat exchange (pertukaran panas lawan arus).

       Countercurrent heat exchange (pertukaran panas lawan arus) secara sederhana merupakan pertukaran panas tubuh dari darah pada pembuluh arteri ke darah pada pembuluh vena pada organ organ tersebut. Hal ini bisa terjadi karena posisi pembuluh arteri yang berisi darah bersuhu tinggi dan pembuluh vena yang berisi darah bersuhu lebih rendah saling berhimpitan, sehingga panas bisa dengan mudah berpindah. Selanjutnya panas yang sudah berpindah ke pembuluh vena akan Kembali ke dalam tubuh, dan dapat meningkatkan kinerja otot pada hewan tersebut. Countercurrent heat exchange (pertukaran panas lawan arus) ini banyak dijumpai pada hewan laut yang berenang dengan cepat. Secara sederhana konsep countercurrent heat exchange (pertukaran panas lawan arus) dapat dilihat pada gambar berikut!

 Sumber gambar : https://image.slidesharecdn.com/40lecturepresentation-100916152535-phpapp01/95/ohhs-ap-biology-chapter-40-presentation-71-728.jpg?cb=1284651629

                Pada gambar di atas, panas pada pembuluh darah arteri dapat berpindah ke pembuluh darah vena karena perbedaan suhu. Perpindahan panas digambarkan dengan tanda panah berwarna hitam. Hal ini terjadi karena letak pembuluh darah arteri dan dan venda berhimpitan, serta pembuluh arteri terletak pada bagian dalam organ, terbungkus oleh pembuluh darah vena seperti pada gambar berikut.

Sumber gambar : http://www.orcaskillerbeauties.delfinweb.org/orcas/he_en.gif

Dengan adanya countercurrent heat exchange ini, memungkinkan hewan melakukan efisiensi makanan, karena panas tubuh yang dihasilkan dari gerak otot dan makanan tidak terbuang ke lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar