Selasa, 10 Mei 2022

LATIHAN SOAL PERSIAPAN PAT 2022 BAGIAN 1

Halo Sahabat Sains IPA. 

Kegiatan penilaian akhir tahun tinggal beberapa hari lagi. Sebagai siswa yang baik ayo persiapankan dirimu untuk mengukuti penilaian tersebut ya. Sebagai persiapan, anak anak bisa menyimak latihan soal berikut ini ya. 

1. Sebuah balok kayu diletakkan di atas lantai. Balok kayu tersebut memiliki massa 50 kg, dengan luas permukaan bawah yang menyentuh lantai adalah 0,25 m2. Jika percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2, maka tekanan yang dialami lantai di bawah balok adalah ...?

Diketahui :     m = 50 jg

                      A = 0,25 m2

                      g = 10 m/s2

Ditanyakan P = ..... ?

Jawaban :

P = F/A   , karena tidak ada F, maka F kita gantik dengan berat (W = m x g)

P = W /A

P =  m x g /A

P = 50 x 10 / 0,25

P = 2000 N/m2

Jadi tekanan yang dialami lantai di bawah balok adalah 2000 N / m2


2. Pak Wawan sedang mencari ikan di laut dengan menyelam. Pak Wawan menyelam pada kedalaman 6 meter. Jika percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2, dan massa jenis air laut adalah 1200 kg/m3, maka tekanan yang dialami oleh pak Wawan adalah ....?

Diketahui         : h = 6 meter

                          g = 10 m/s2

                          ρ = 1200 kg /m3

Ditanyakan Ph = ....?

Jawaban

Ph = ρ x g x h

Ph = 1200 x 10 x 6

Ph = 72000 pascal

Jadi tekanan yang dialami pak Wawan adalah 72000 Pascal


3. Perhatikan gambar berikut ini!.


Besarnya gaya kuasa F minimal yang diperlukan untuk mengangkat mobil tersebut adalah ?





Diketahui         A1 = 20 cm2

                        A2 = 50 cm2

                        F2 = 20.000 N

Ditanyakan F1 = ....?

Jawaban 









Jadi gaya F1 yang diperlukan minimal adalah 8000 N


4. Agus melakukan percobaan mengukur kapasitas paru parunya. Dari hasil percobaan didapatkan kapasitas tidal paru parunya adalah 600 mL, kapasitas komplementer dan suplementernya masing masing 1200 mL. Jika udara residu di paru paru Agus 1000 mL, maka tentukanlah kapasitas vital dan kapasitas total paru paru Agus!

Diketahui            : Vol. Tidal = 600 mL

                             Vol. Suplementer = 1200 mL

                             Vol. Komplementer  = 1200 mL

                             Vol. Residu = 1000 mL

Ditanyakan Kapasitas Vital  dan Kapasitas Total = ....?

Jawaban :

Kapasitas Vital = Vol. Tidal + Vol Suplementer + Vol Komplementer

Kapasitas Vital = 600 + 1200 + 1200 

Kapasitas Vital = 3000 mL

Jadi Kapasitas Vital = 3000 mL


Kapasitas Total = Kapasitas Vital = Vol. Tidal + Vol Suplementer + Vol Komplementer + Residu

Kapasitas Total = 600 + 1200 + 1200 + 1000

Kapasitas Total = 4000 mL

Jadi Kapasitas Total = 4000 mL


5. Perhatikan gambar berikut!


Jika bandul tersebut memerlukan waktu 0.1 detik untuk bergerak dari A ke B, maka tentukanlah periode dan frekuensi getaran bandul tersebut!

Jawaban: 

Gerakan dari A ke B adalah gerakan untuk 1/4 getaran. Atau bisa dikatakan jumlah getarannya atau n = 1/4 = 0,25 getaran

Sedangkan waktu yang diperlukan dari A ke B adalah 0,1 detik, atau jumlah waktu t = 0,1 detik.

Dengan demikian frekuensinya = jumlah getaran / jumlah waktu = 0,25 / 0,1 = 2,5 Hz

Sedankan periodenya = jumlah waktu / jumlah getaran = 0,1/0,25 = 0,4 sekon


Demikianlah untuk latihan soal bagian 1. Simak latihan soal berikutnya dalam persiapan PAT bagian 2 ya.

Senin, 09 Mei 2022

Dimensi Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Belajar

Halo Sahabat Rumah Sains IPA.

Pada episode ke 15 merdeka belajar, Kementrian Pendidikan Ristekdikti telah merilis 2 hal penting yaitu Kurikulum Merdeka Belajar dan Flatform Merdeka Mengajar. Kurikulum Merdeka Belajar merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2013 dan kurikulum darurat. Pada kurikulum ini materi yang disampaikan lebih ringkas dan fokus pada materi materi esensial dan pendalamannya agar peserta didik mampu menjawab tantangan di masa depan. 

Kurikulum ini juga menitikbertakan pembentukan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Pembentukan profil pelajar Pancasila difokusnya melalui kegiatan proyek. Setiap jam mata pelajaran sudah termasuk di dalamnya kegiatan proyek profil pelajar Pancasila dengan alokasi waktu 1 jp. Misalkan saja saat ini jam pelajaran Bahasa Indonesia adalah 6 jp, maka pada kurikulum merdeka jam intrakurikuler (belajar materi) Bahasa Indonesai menjadi 5 jp + 1 jp kegiatan proyek profil pelajar pancasila (PPP). Kegiatan PPP ini bisa dilakukan per mata pelajaran atau berkolaborasi dengan mata pelajaran lain atau guru kelas lain. Jangan takut untuk kekurangan jam karena tambahan 1 jp untuk proyek PPP juga termasuk dalam jam mengajar guru. 

Untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila, maka diterbitkanlah dimensi profil pelajar Pancasila melalui KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI  NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA  PADA KURIKULUM MERDEKA. 

Profil pelajar Pancasila pada keputuasna tersebut meliputi :

1. Berakhlak mulia

2. Berkebhinekaan Global

3. Kreatif

4. Gotong Royong

5. Mandiri

6. Berpikir Kritis

Keenam profil tersebut memiliki capaian masing masing untuk setiap fase, A sampai F. 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila dapat didownload pada link berikut ini :

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Sedangkan Capaian Pembelajaran Intrakurikuler bisa didownload pada link berikut ini : 

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Halo Sahabat Sains IPA. 

Beberapa waktu yang lalu Kementrian Pendidikan telah merilis kurikulum Merdeka Belajar dan Flatform Merdeka Mengajar, tepatnya pada episode ke 15 merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar adalah penyempurnaan dari kurikulum 2013 atau kurikulum darurat. Struktur kurikulum merdeka belajar umumnya terdiri atas intrakurikuler, profil pelajar pancasila dan ekstrakurikuler. 

Kurikulum merdeka belajar masih menggunakan SKL yang lama, akan tetapi kompetensi dasar setiap mata pelajaran berubah menjadi capaian pembelajaran (CP). CP ini terdiri atas beberapa fase sesuai tingkatannya dari PAUD sampai SMA. Fase PAUD disebut sebagai fase dasar, sedangkan lanjutannya adalah sebagai berikut:

1. Fase A : SD kelas 1 dan 2

2. Fase B : SD kelas 3 dan 4

3. Fase C : SD kelas 5 dan 6

4. Fase D : SMP kelas 7 sampai dengan kelas 9

5. Fase E : SMA/SMK kelas 10

6. Fase F : SMA/SMP kelas 11 dan 12

Setiap fase fase tersebut memiliki capaian pembelajaran yang berbeda. 

Nah tentunya kita ingin tahu apa saja capaian pembelajaran setiap mata pelajaran dari PAUD sampai dengan SMA. Nah capaian pembelajaran tersebut dituangkan dalam KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 008/H/KR/2022 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA KURIKULUM MERDEKA

Jadi yang penasaran dengan capaian pembelajaran atau sedang mencari capaian pembelajaran untuk kurikulum merdeka belajar bisa diakses link berikut ini ya. 

Capaian Pembelajaran KMM

Sedangkan untuk dimensi Profil Pelajar Pancasila dapat diakses pada link berikut ini ya. 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Minggu, 08 Mei 2022

Kisi kisi soal PAT/UAS Genap IPA SMP Kelas 7 tahun 2022

 

Kisi-kisi merupakan pedoman penyusunan soal yang disusun berdasarkan silabus mata pelajaran, sehingga memuat kriteria lengkap dari penyusunan suatu soal. Setiap penyusunan soal baik itu soal Penilaian Tengah Semester, Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun maupun Ujian sekolah hendaknya didahului dengan menyusun kisi kisi.

Semua guru mata pelajaran hendaknya memberikan kisi kisi sebelum memberikan penilaian kepada siswa. Hal ini penting agar kisi kisi tersebut dapat dijadikan pedoman bagi siswa untuk belajar. Berikut ini adalah kisi kisi Ulangan Akhir Tahun untuk mata pelajaran IPA SMP kelas 7 Tahun 2022.

Materi pelajaran untuk mata pelajaran IPA kelas 7 meliputi :

1. Sistem organisasi kehidupan / sel dan organel

2. Interaksi antar makhluk hidup

3. Pencemaran

4. Global Warming

5. Tata Surya

Selain kisi kisi, penyusunan soal perlu memperhatikan komposisi soal LOT dan HOTS. Beberapa soal harus disesuaikan dengan standar HOTS atau PISA sesuai dengan tuntutan ANBK. Mengapa demikian? Agar siswa siswi kita terbiasa dengan soal soal ANBK.

Berikut ini adalah link download kisi kisi soal PAT IPA SMP kelas 7 tahun 2022.

Kisi Kisi soal PAT IPA SMP kelas 7 2022

Selamat belajar, semoga sukses

Untuk kisi kisi kelas 8 bisa didownload pada link berikut ini:

PAT/UAS genap IPA kelas 8 tahun 2022

Sabtu, 07 Mei 2022

Kisi kisi soal PAT/UAS Genap IPA SMP Kelas 8 tahun 2022

Kisi-kisi merupakan pedoman penyusunan soal yang disusun berdasarkan silabus mata pelajaran, sehingga memuat kriteria lengkap dari penyusunan suatu soal. Setiap penyusunan soal baik itu soal Penilaian Tengah Semester, Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun maupun Ujian sekolah hendaknya didahului dengan menyusun kisi kisi.

Semua guru mata pelajaran hendaknya memberikan kisi kisi sebelum memberikan penilaian kepada siswa. Hal ini penting agar kisi kisi tersebut dapat dijadikan pedoman bagi siswa untuk belajar. Berikut ini adalah kisi kisi Ulangan Akhir Tahun untuk mata pelajaran IPA SMP kelas 8 Tahun 2022.

Materi pelajaran untuk mata pelajaran IPA kelas 8 meliputi :

1. Tekanan pada zat padat, cair dan gas serta penerapannya

2. Sistem pernapasan pada manusia

3. Sistem ekskresi pada manusia

4. Getaran dan gelombang

5. Cahaya dan Optik

Selain kisi kisi, penyusunan soal perlu memperhatikan komposisi soal LOT dan HOTS. Beberapa soal harus disesuaikan dengan standar HOTS atau PISA sesuai dengan tuntutan ANBK. Mengapa demikian? Agar siswa siswi kita terbiasa dengan soal soal ANBK.

Berikut ini adalah link download kisi kisi soal PAT IPA SMP kelas 8 tahun 2022.

Kisi Kisi soal PAT IPA SMP kelas 8 2022


Untuk Kisi kisi kelas 7 bisa di download pada link berikut ini:

Kisi kisi PAT/UAS genap IPA kelas 7 tahun 2022

Selamat belajar, semoga sukses


Rabu, 25 Agustus 2021

CONTOH SOAL USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA

CONTOH SOAL USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA

Setelah mempelajari materi Usaha dan pesawat sederhana, tentunya kurang pas kalau tidak diuji dengan beberapa latihan soal. Berikut ini adalah beberapa latihan soal dengan pembahasan yang dapat anda pelajari :


1.     1.  Sebuah benda yang massanya 5 kg diangkat sampai pada ketinggian 2 meter. Jika percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2, tentukanlah usaha untuk memindahkan benda tersebut!

Diketahui :

m = 5 kg

h1 = 0 meter

h2 = 2 meter

g = 10 m/s2

Ditanyakan W = …. ?

Jawaban :

W = Ep2 – Ep1

W = mgh2 – mgh1

W = 5 x 10 x 2 – 5 x 10 x 0

W = 100 – 0

W = 100 Joule

 

2.     2. Seorang anak yang massanya 50 kg berlari dengan kecepatan 6 m/s. Berapakah energi kinetic yang dimiliki anak tersebut?

Diketahui :

m = 50 kg

v = 6 m/s

Ditanya Ek = …?

Jawaban :

Ek = ½ m v2

Ek = ½ .50. 62

Ek = ½ .50 . 36

Ek = 50. 18

Ek = 900 Joule

 

3.  3. Sebuah benda bermassa 2 kg terletak di atas bidang licin dalam keadaan diam. Benda tersebut kemudian mengalami percepatan sebesar 2 m/s2 selama 3 detik. Dan selanjutnya bergerak dengan kecepatan konstan selama 4 detik. Tentukan besar usaha yang dilakukan benda selama bergerak!

 

Ada 2 gerakan yang terjadi dalam soal ini.

1.       Gerakan benda dipercepat dari kecepatan 0 m/s (diam), dengan percepatan 2 m/s2 selama 3 detik, sehingga benda berpindah sejauh S1. Gerakan ini disebabkan oleh gaya sebesar F = m x a = 2 x 2 = 4 Newton

Sedangkan perpindahan yang terjadi adalah

S1 = Vo.t + ½ a .t2

S1 = 0.3 + ½ .2 . 32

S1 = 0 + 9

S1 = 9 meter

Sehingga usaha untuk gerakan pertama adalah :

W= F x s

W = 4 x 9

W = 36 Joule

2.       Sedangkan Gerakan kedua adalah gerakan dengan kecepatan tetap selama 4 detik. Karena kecepatannya tetap artinya gaya yang bekerja pada benda adalah nol. Sehingga usahanya pun nilainya adalah 0.

Dengan demikian usaha yang dilakuakn adalah usaha untuk melakukan gerakan 1 + usaha untuk melakukan gerakan 2 = 900 + 0 = 900 Joule.

 

4.      4. Dalam kegiatan beres beres kelas, Dito telah berhasil menggeser sebuah lemari sejauh 10 meter dibantu dua orang temannya Budi dan Anto. Jika gaya yang diberikan Dito adalah 10 N, Budi sebesar 20 N dan Anto 40 N, berapakah usaha yang mereka lakukan?

Diketahui :

S = 10 meter

Fdito = 10 N

Fbudi = 20 N

Fanto = 40 N

Ditanya W = …?

Jawaban :

Kita hitung dulu jumlah gayanya. Karena ingin memindahkan lemari kita asumsikan arah gayanya sama. Maka :

SF = Fdito + Fbudi + Fanto

SF = 10 + 20 + 40

SF = 70 N

 

W = SF x S

W = 70 x 10

W = 700 Joule

 

5.     5. Seorang bermassa 60 kg menaiki tangga yang tingginya 20 meter selama 2 menit. Jika percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2, hitunglah daya yang dihasilkan!

Diketahui :

m = 50 kg

h = 20 meter

t = 2 menit = 2 x 60 = 120 detik

Ditanyakan P = ….?

Jawaban :

Kita hitung dulu usahanya dengan energi potensial

Ep = m x g x h

Ep = 60 x 10 x 20

Ep = 12.000 Joule

 

P = Ep / t

P = 12.000/120

P = 100 Watt

Jadi daya yang dihasilkan adalah 100 Watt

 

6.  6. Sebuah linggis yang panjangnya 2 meter digunakan untuk mencabut paku yang tertancap di sebuah tembok. Linggis ditumpu pada jarak 20 cm dari paku yang akan dicabut. Untuk melepaskan paku tersebut diperlukan gaya sebesar 2 x 104 N. Berapakah gaya lekat paku pada tembok. Berapa keuntungan mekanisnya?

Diketahui :

L = 2 meter = 200 cm

Lb = 20 cm

F = 2 x 104 N

Ditanyakan :

a.       Gaya lekat pada tembok (W)?

b.       Keuntungan mekanis (KM)?

Jawaban :

Kita hitung dulu lengan kuasanya. Karena panjang totalnya 200 cm dan lengan kuasnya 20 cm, maka lengan bebannya adalah :

Lk = L – Lb

Lk = 200 – 20

Lk = 180 cm

a.       Gaya lekat pada tembok

F x Lk = W x Lb

2 x 104  x 180 = W x 20

W = 2 x 104  x 180 / 20

W = 2 x 104  x 9

W = 18 104  Newton

W = 1,8 105  Newton

 

b.       Keuntungan mekanis

KM = Lk/Lb = 180 / 20 = 9

Jadi KM nya adalah 9

 

7.       7. Perhatikan gambar berikut


 

            Jika panjang tuas adalah 3 meter. Maka keuntungan mekanisnya adalah ….?

Pembahasan:

Karena panjang totalnya adalah 3 meter dan lengan kuasanya adalah 2,5 meter, maka lengan bebannya adalah :

Lb = L = Lk

Lb = 3 – 2,5

Lb = 0,5 meter

Dengan demikian KM nya adalah :

KM = Lk/Lb = 2,5 / 0,5 = 5 kali

Jadik KM = 5 kali

8.      8Sebuah benda seberat 200 N digantung pada katrol ganda yang bergerak 4 buah. Berapakah keuntungan mekanisnya?

Pembahasan :

Jika katrol bebas yang menggantung beban ada 4, maka KM nya juga 4.

9.    9Seorang pria mendorong sebuah drum ke atas truk menggunakan papan yang panjangnya 2  meter. Jika jarak permukaan tanah dengan bak truk adalah 0,5 meter, maka hitunglah keuntungan mekanis penggunaan papan tersebut!

Diketahui :

Panjang papan = s = 2 meter

Tinggi bidang miring = h = 0,5 meter

Ditanyakan KM = ….?

Jawaban :

KM = s/h

KM = 2/0,5

KM = 4

Jadi KM nya adalah 4

 

1010. Seorang pekerja hendak menaikan balok besi ke bak belakang truk seperti pada gambar berikut ini.


 


             Jika massa balok besi 200 kg, dan percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2, tentukan :

a.    Gaya minimal yang diperlukan untuk menaikkan balok besi ke truk

b.    Keuntungan mekanik bidang miring.

Diketahui :

Massa benda = m = 200 kg

Gravitasi bumi = g = 10 m/s2

Panjang bidang mirng = s = 2m

Tinggi bidang miring = h = 0,5 m

Ditanyakan :

a.    Gaya minimal F = ….?

b.    KM = …?

Jawaban :

a.    Kita hitung dulu beratnya

W = m x g

W = 200 x 10

W = 2000 N

Kita tantukan F nya :

F x s = W x h

F x 2 = 2000 x 0,5

F x 2 = 1000

F = 1000/2

F = 500 Newton

Jadi gaya minimal untuk mengangkat balok adalah 500 N

b.    Keuntungan mekanis ..?

KM = s/h

KM = 2/0,5

KM = 4

Jadi keuntungan mekanisnya adalah 4


Materi usaha dan Pesawat Sederhana dapat anda lihat pada link berikut ini.

          Materi Usaha dan Pesawat Sederhana

Selamat belajar!

 


Minggu, 22 Agustus 2021

CONTOH SOAL GAYA DAN GERAK BENDA

 CONTOH SOAL GAYA DAN GERAK BENDA

Contoh soal merupakan hal penting yang harus kita berikan kepada siswa setelah penyampaian materi. Apalagi dalam masa pandemi covid 19 seperti saat ini. Siswa yang belajar dari rumah tanpa interaksi langsung dengan guru, akan dimudahkan jika kita memberikan beberapa contoh soal dan cara penyelesaiannya. Berikut ini adalah beberapa contoh soal dengan penyelesaiannya terkait materi gaya dan gerak benda. 

1. Yudi berjalan lurus ke utara dari A ke B sejauh 60 meter, dan kemudian berbalik arah berjalan dari B ke C sejauh 20 meter. Tentukanlah jarak dan perpindahan Yudi … 

Pembahasan : 

Jarak merupakan panjang semua lintasan yang dilalui sehingga jarak yang ditempuh adalah 60 + 20 = 80 meter Perpindahan merupakan perubahan posisi awal dan akhir. Posisi awal benda adalah di A dan posisi akhir adalah di C. Panjang garis lurus yang menghubungkan A dengan C adalah 60 – 20 = 40 meter

2. Sebuah kelapa yang massanya 2 kg jatuh bebas dari pohonnya. Selama bergerak kelapa mengalami gaya gesekan sebesar 2 Newton. Jika percepatan gravitasi dianggap 10 m/s2 , maka percepatan benda adalah …. 

Pembahasan :

Benda yang jatuh bebas memiliki percepatan ke bawah sebesar percepatan gravitasi bumi yaitu 10 m/s2. Jika ada gaya gesekan, maka akan menyebabkan percepatan ke bawah berkurang. 
Besarnya pengurangan itu tergantung gaya gesek dan massa benda. 
Rumus gaya F = m x a, sehingga untuk mencari a, 
maka a = F/m 
a = percepatan / perlambatan (m/s2 ) 
F= gaya (Newton) 
m = massa benda (kg) 
Sehingga a = F/m = 2/2 = 1 m/s2 
Sehingga percepatan benda jatuh ke bawah adalah 10 – 1 = 9 m/s2 . 

3. Sebuah benda yang massanya 2 kg memiliki laju awal 10 m/s dan setelah menempuh jarak 200 meter lajunya menjadi 20 m/s. Jika benda bergerak dengan percepatan konstan, maka resultan gaya yang bekerja adalah … 

Diketahui : 
V1 = 10 m/s 
V2 = 20 m/s 
m = 2 kg 
s = 200 meter 
ditanya F = …..? 
Untuk menghitung F maka terlebih dahulu kita harus mencari percepatan benda dengan persamaan …












dengan demikian besarnya gaya yang bekerja dapat kita hitung denga F = m x a = 2 x 0,75 = 1,5 Newton


4. Sebuah sampan yang massanya 30 kg terdorong oleh arus sungai yang percepatannya 3 m/s2 . Jika sampan tersebut di dorong oleh mesin dengan gaya 120 N dengan arah tegak lurus sungai, maka percepatan yang dialami oleh sampan tersebut adalah …. 

Jawaban : 

Besarnya percepatan yang dialami sampan disebabkan oleh 2 hal, yang pertama adalah percepatan akibar arus sungai sebesar 3 m/s2 dan yang kedua adalah percepatan akibat mesin sampan yang gayanya 120 N mendorong sampan yang massanya 30 kg tegak lurus dengan arus sungai.

Kita hitung dulu percepatan oleh mesin sampan dengan persamaan :

F = m x a

amesin = F/m

amesin = 120 / 30 = 4 m/s2.

Jadi percepatan oleh mesin adalah amesin = 4 m/s2. Dan percepatan oleh arus sungai asungai = 3 m/s2.

Karena keduanya tegak lurus, maka total gabungan keduany dicari dengan menggunakan persamaan phytagoras sehingga:







Jadi percepatan total yang dialami perahu adalah 5 m

5. Sebuah gerobak yang mula mula diam diisi sejumlah kelapa. Massa gerobak sama dengan massa 5 butir kelapa. Gerobak kemudian ditarik dengan gaya 100 Newton sehingga bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Di tengah perjalanan tanpa sengaja 5 butir kelapa jatuh, sehingga percepatan gerobak menjadi 2,5 m/s2. Jumlah kelapa di dalam gerobak mula mula adalah ….

Jawaban :

Kita misalkan jumlah kelapa di gerobak mula mula adalah sejumlah n kelapa dengan massa 1 butir kelapa adalah k kilogram.

 

n = jumlah kelapa mula mula

k = massa kelapa

massa gerobak = 5 butir kelapa = 5k

 

Dengan demikian massa gerobak dan massa kelapa ketika baru berangkat adalah :

massa = (n.k + 5k )kg

Gerobak ini ditarik dengan gaya 100 Newton dan menghasilkan percepatan 2 m/s2. Sehingga menjadi :

F = m x a …………… ganti m dengan (n.k + 5k )

100 = (n.k + 5k ) x 2

100/2 = (n.k + 5k )

50 = (n.k + 5k )……………….. persamaan 1

 

Kemudian lima butir kelapa (massanya 5k) jatuh sehingga massa gerobak dan kelapa menjadi:

 

Massa akhir = massa awal – massa kelapa yang jatuh

Massa akhir = (n.k + 5k ) – 5k

Massa akhir = n.k + 5k – 5k

Massa akhir = n.k

Massa akhir ini menyebabkan percepatan gerobak menjadi 2,5 m/s2. Maka menjadi :

F = m x a

100 = n.k . 2,5

100/2,5 = n.k

40 = n.k……………………………… persamaan 2.

 

Nah kita sudah punya 2 persamaan yaitu

50 = (n.k + 5k )……………….. persamaan 1

Dan

40 = n.k……………………………… persamaan 2

Dari persamaan 2 kita tahu bahwa n.k = 40, maka kita ganti n.k pada persamaan 1 dengan 40, maka

50 = (n.k + 5k )……………….. ganti n.k dengan 40

50 = 40 + 5k

50 – 40 = 5k

10 = 5k

k = 10/5 = 2 kg.

jadi massa satu butir kelapa adalah 2 kg. Untuk jumlah kelapa kita masukkan k = 2kg pada persaman 2, sehingga:

40 = n.k …………ganti k dengan 2 kg

40 = n.2

40/2 = n

n = 20 butir.

Jadi jumlah kelapa di dalam gerobak mula mula adalah 20 butir kelapa.


1.   6. Sebuah sepeda motor dengan kecepatan 72 km/jam di rem sehingga berhenti. Waktu yang diperlukan dari mulai mengerem sampai sepeda motor berhenti adalah 10 detik. Panjang lintasan yang dilalui sepeda motor dari mulai di rem sampai berhenti adalah ….
 

Jawaban :

Kecepatan awal sepeda motor adalah 72 km/jam. Kita harus mengubah kecepatan ini menjadi satuan m/s. caranya adalah dengan membaginya dengan 3,6. Sehingga kecepatan awal sepeda motor adalah 72/3,6 = 20 m/s

Sepeda motor di rem sampai berhenti. Karena berhenti maka kecepatan akhir sepeda motor adalah 0 m/s.

Maka :

Diketahui :

Vawal = 20 m/s

Vakhir = 0 m/s

t = 10 detik

ditanyakan : panjang lintasan (S) = ….?

Pertama tama kita hitung dulu percepatan sepeda motor dengan persamaan









tanda min (-) pada angka 2 menyatakan bahwa sepeda motor diperlambat.

Selanjutnya kita hitung lintasan yang ditempuh sepeda motor dari saat mulai di rem sampai berhenti :

S = Vo.t + ½ a. t2

S= 20.10 + ½ .(-2).102

S = 200 + ½ . (-2).100

S= 200 -100

S = 100 meter

Jadi panjang lintasan yang ditempun sepeda motor dari mulai di rem sampai berhenti adalah 100 meter.